RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD
Nama Sekolah :MI AL
ITTIFAQIAH
Kelas : 1/1
Tema : Kegemaranku
Subtema : Gemar
Berolahraga
Pembelajaran ke- : 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
(5x35 menit)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.5 Mengenal kosakata
tentangcara memelihara kesehatanmelalui teks pendek (berupagambar, tulisan, dan
slogansederhana)
4.5 Menjelaskan dengan
kosakata Bahasa Indonesia danpelafalan yang tepat caramemelihara kesehatan.
Indikator
3.5.6 Memilih
kosakata tentangberbagai jenis olahragasebagai cara untukmemelihara
kesehatandalam suatu kalimat dengantepat
4.5.6 Mempraktikkan
caramenggunakan kosakatatentang olahraga sebagaicara untuk memeliharakesehatan
dalam suatukalimat dengan tepat
Matematika
Kompetensi Dasar:
3.4 Menjelaskan dan
melakukanpenjumlahan danpengurangan bilangan yangmelibatkan bilangan
cacahsampai dengan 99 dalamkehidupan sehari-hari sertamengaitkan penjumlahandan
pengurangan
4.4 Menyelesaikan
masalahkehidupan sehari-hariyang berkaitan dengandan pengurangan
bilanganmelibatkan bilangan cacahsampai dengan 99.
Indikator:
3.4.5 Melakukan
penjumlahandua bilangan dengan hasilmaksimal 10 dengan tekniktanpa menyimpan
denganbantuan benda konkret
4.4.1 Menyelesaikan
masalahdalam kehidupan seharihariyang berkaitan denganpenjumlahan.
PPKN
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami aturan yangberlaku dalam kehidupansehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuaiaturan yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari dirumah.
Indikator:
3.2.2 Menuliskan
hal-hal yangboleh dan tidak boleh ketikabermain dan berolahraga
4.2.2 Memeragakan
salah satucontoh kegiatan yang bolehdilakukan ketika bermaindan berolahraga.
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar jenis-jenis olahraga, siswa dapat menambah kosakata tentang
berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memeliharakesehatan dengan tepat.
2.
Dengan melengkapi kalimat rumpang, siswa dapat memilih kosakatatentang berbagai
jenis olahraga sebagai cara untuk memeliharakesehatan dalam suatu kalimat
dengan tepat dan percaya diri.
3.
Melalui kegiatan bercerita berdasarkan gambar, siswa dapatmempraktikkan cara
menggunakan kosakata tentang olahraga sebagaicara untuk memelihara kesehatan
dalam suatu kalimat dengan tepat.
4.
Dengan menyimak cerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapatmemahami hal-hal
yang boleh dilakukan dan tidak boleh dillakukan dirumah kemudian dapat
menuliskannya dengan tepat.
5.
Dengan peragaan di depan kelas, siswa mampu mempraktikkan salahsatu contoh
kegiatan yang boleh dilakukan di rumah dengan tepat danpercaya diri.
6.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat melakukan penjumlahan duabilangan dengan
hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpandengan bantuan benda konkret
dengan tepat.
7.
Dengan membuat cerita penjumlahan dari pengalaman dalam kehidupansehari-hari,
siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupansehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan.
D. Materi
Pembelajaran
E. Metode dan
Pendekatan Pembelajaran
1. Metode pembelajaran: ceramah, diskusi dan Tanya jawab
2. Pendekatan pembelajaran: pendekatan saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasikan).
F. Media dan
alat Pembelajaran
•
Buku teks
• Gambar jenis-jenis olahraga
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1. Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk
belajar
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan
mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
4. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan
kegiatanbelajar.
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati gambar jenis-jenisolahraga pada buku siswa.
2. Siswa membaca nyaring nama-namaolahraga tersebut.
3. Guru memancing partisipasi aktif siswadengan pertanyaan sebagai
berikut.
•
Tahukah kamu jenis-jenis olahraga
lainnya?
•
Sebutkan olahraga yang kamu ketahui.
4. Kemudian guru dapat menstimulasidiskusi kelas tentang olahraga
yang biasadimainkan siswa sehari-hari.
5. Siswa mengamati gambar jenis-jenisolahraga pada buku siswa.
6. Siswa membaca nyaring nama-namaolahraga tersebut.
7. Guru memancing partisipasi aktif siswadengan pertanyaan sebagai
berikut.
•
Tahukah kamu jenis-jenis olahragalainnya?
•
Sebutkan olahraga yang kamu ketahui.
8. Kemudian guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang olahraga
yang biasadimainkan siswa sehari-hari.
9. Siswa mengamati gambar benda-benda yang berhubungan
denganolahraga.
10.Siswa menceritakan gambar satu persatu.
11.Siswa menyimak cerita tentang kebiasaan Udin sebelum pergi
bermainyang dibacakan oleh guru.
12.Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks
tersebut.
13.Beberapa siswa secara acak menceritakan kebiasaannya
masing-masingsebelum pergi bermain.
14.Siswa menceritakan hal-hal yang boleh/harus dilakukan di
rumahsebelum bermain ke luar dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.
15.Siswa yang selesai bercerita memeragakan salah satu hal yang
bolehdilakukannya di rumah.
16.Siswa dan guru membaca bersama-sama teks tentang jumlah
pemaindalam permainan kasti.
17.Siswa mengamati gambar di buku siswa, mengingat kembali
bilangan5-10.
18.Siswa mengulang berhitung 1–10 secara bersama-sama.
19.Siswa menghitung orang/benda di dalam gambar, kemudian menuliskanjumlahnya
di kotak yang tertera.
20.Setelah itu, siswa mengamati gambar pada halaman selanjutnya.
21.Guru menjelaskan kalimat matematika yang sesuai dengan
gambar.
22.Kemudian, siswa mengerjakan soal-soal selanjutnya.
23.Setelah itu, siswa menggambar cerita penjumlahan dalam
kehidupansehari-hari. Guru dapat menjelaskan dan memberi contoh
terlebihdahulu.Misal: Siti memiliki 2 kelereng, Lani memiliki 4 kelereng.
Berapakahjumlah kelereng Siti dan Lani?
24.Setelah itu, siswa menceritakan penjumlahannya masing-masing.
25.Guru mengoreksi bila ada kekeliruan yang dilakukan siswa saat
membuatkalimat matematika untuk penjumlahan.
|
|
3.
|
Penutup
|
1.
Sebagai penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah
dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
2.
Kelas ditutup dengan doa bersama.
|
|
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap : Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama
kegiatan
2.
Penilaian Pengetahuan
•
Mengisi kalimat rumpang dengan bantuan gambar
•
Menyebutkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
• Menghitung dan menjumlah benda dalam
gambar.
3. Penulaian Keterampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar