RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD
Nama Sekolah :MI AL
ITTIFAQIAH
Kelas : 1/1
Tema :
Kegemaranku
Subtema : Gemar
Berolahraga
Pembelajaran ke- : 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
(5x35 menit)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.5
Mengenal kosa kata tentang cara memelihara
kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana).
4.5 Menjelaskan dengan
kosa kata Bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.
Indikator
3.5.6 Memilih kosa kata
tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam
suatu kalimat dengan tepat.
4.5.6 Mempraktikkan cara
menggunakan kosa kata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan
dalam suatu kalimat dengan tepat.
PJOK
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami prosedur
gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Memmpraktikkan
prosedurgerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
Indikator:
3.2.1 Menjelaskan
prosedur gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana
atau tradisional.
4.2.1 Mempraktekkan
prosedur gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana
atau tradisional.
SBdP
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami elemen music melalui lagu.
4.2 Menirukan elemen music melalui lagu
Indikator:
3.2.2 Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
4.2.2 Memeragukan bunyi alam dan bunyi buatan
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan membaca dan
memahami teks, siswa dapat memilih kosakata
tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
2.
Melalui kegiatan
bercerita tentang manfaat olahraga, siswa dapat
mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai
cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai
cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3.
Dengan menyimak teks
dan mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat.
menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat.
4.
Dengan menirukan
gerakan yang diamati dari gambar dan dibantu
instruksi guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan bermain
simpai dengan tepat dan percaya diri.
instruksi guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan bermain
simpai dengan tepat dan percaya diri.
5.
Setelah
mengidentifikasi alat-alat yang mengeluarkan bunyi, siswa
mampu membedakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
mampu membedakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
6.
Dengan menirukan,
siswa dapat memeragakan bunyi buatan.
D. Materi
Pembelajaran
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode pembelajaran: ceramah, diskusi dan Tanya jawab
2.
Pendekatan pembelajaran: pendekatan saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasikan).
F.
Media dan alat Pembelajaran
· Buku teks
· Peluit
· Gambar-gambar alat
musik tradisional/benda-benda lainnya yang
mengeluarkan bunyi.
mengeluarkan bunyi.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1. Guru menyapa siswa dan mengondisikan
kelas agar siap untuk belajar.
2. Seorang siswa diminta untuk memimpin
doa.
3. Guru mengingatkan siswa tentang
pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
4. Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
5. Setelah itu guru membawa siswa ke
halaman sekolah/lapangan olahraga. |
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa membaca nyaring teks “Olahraga”.
2. Setelah membaca, siswa diminta mengamati gambar yang
menyertai
teks.
3. Guru memberi kesempatan dan waktu pada siswa yang ingin
bertanya dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar.
4. Guru menjelaskan instruksi pengerjaan latihan:
“Beri tanda centang (√) dalam kotak untuk kalimat yang sesuai dengan teks “Olahraga” yang telah dibaca.
5. Guru membaca kalimat satu persatu.
6. Setiap 1 kalimat selesai dibacakan, guru memberi
kesempatan siswa
untuk mengidentifikasi kalimat, memberi tanda centang jika kalimat tersebut sesuai dengan teks, dan membiarkan kotaknya kosong jika kalimat tersebut tidak sesuai dengan isi teks “Olahraga”.
7. Setelah selesai guru melakukan konfirmasi tentang tugas
yang
diselesaikan siswa.
8. Kemudian, Guru mengajak siswa mengamati gambar-gambar
yang ada di
kegiatan berikutnya.
9. Guru menjelaskan instruksi pengerjaan latihan sebagai
berikut.
Lingkari kata yang sesuai dengan gambar!
10.Siswa mendengarkan guru membacakan 2 kata untuk
setiap gambar.
11.Siswa melingkari kata yang sesuai gambar.
12.Guru mengulas kembali ide pokok teks “Olahraga”,
kemudian mengajukan
pertanyaan pada siswa: • Apa manfaat olahraga? • Mengapa kita harus berolahraga?
13.Kemudian siswa bercerita tentang manfaat olahraga
dengan bantuan
gambar.
14.Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
15.Guru mengarahkan siswa untuk mengamati gambar.
16.Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru
melalui teks dan
gambar.
17.Guru memberi kesempatan dan waktu pada siswa yang
ingin bertanya
dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar.
18.Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa
19.Guru mencontohkan gerakan permainan simpai seperti
dalam gambar
20.Guru memandu siswa melakukan gerakan tersebut satu
per satu, sambil
mengamati gerakan-gerakan siswa.
21.Guru mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa
dalam melakukan
gerakan tersebut.
22.Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
23.Guru mengarahkan siswa untuk mengamati gambar.
24.Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru
melalui teks dan
gambar.
25.Guru memberi kesempatan dan waktu pada siswa yang
ingin bertanya
dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar. |
|
3.
|
Penutup
|
1.
Sebagai penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah
dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
2.
Kelas ditutup dengan doa bersama.
|
|
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pembelajaran
a.
Penilaian Sikap : Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama
kegiatan
b.
Penilaian Pengetahuan
·
Latihan
mengidentifikasi kalimat yang sesuai dengan teks
·
Menyebutkan benda
yang menghasilkan bunyi
2. Penilaian Keterampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar